Sabtu, 08 November 2014

FAKTA WOW

NAMA MANUSIA DAN FUNGSINYA DALAM AL-QUR’AN




NAMA MANUSIA DAN FUNGSINYA DALAM AL-QUR’AN:

1. Manusia disebut “al-insan/al-ins (65 x)
  Yang berarti makhluk mukallaf (mampu menerima beban=mampu bertanggung jawab) artinya manusiayang secara individu harus bertanggung jawab terhadap perbuatannya.


  antara lain misalnya: dalam surat al-’Ashr ayat 1-3:

  وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا   وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)
        
        Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

  Surat adz-Dzariyat (51): 56
 وما خلقت الجن والانس إلا ليعبدون
 Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku

2. Manusia di sebut an-Nas  (240 x)
  artinya makhluk yang selalu tergantung dan membutuhkan yang, baik kepada Allah dan kepada sesama  manusia.

  antara lain dalam surat Ali Imran (3): 112

  ضربت عليهم الذلة أين ما ثقفوا إلا بحبل من الله وحبل من الناس وبآءو بغضب من الله وضربت عليهم المسكنة ذلك بأنهم كانوا يكفرون بايت الله ويقتلون الانبياء بغير حق ذلك بما عصوا وكانوا يعتدون
  
Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.
3. Manusia disebut Bani Adam

  artinya keturunan Adam dari sudut kejadiannya

  antara lain dalam surat  al-A’raf ayat 172:

  وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آَدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ (172)
  
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)"

  Surat al-Isra’ (17): 70


    ولقد كرمنا بنئ ادم وحملنهم في البر والبحر ورزقنهم من الطيبت وفضلنهم على كثير ممن خلقنا تفضيلا (70

 Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

referensi :http://ngobarassalam.blogspot.com/2012/03/nama-manusia-dan-fungsinya-dalam-al.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar