Sabtu, 29 November 2014

MATERI  PENGANTAR BISNIS


menurut Maslow, terdapat lima kelompok kebutuhan yang berbeda-beda, yaitu: Kebutuhan fisiologis (fisiological needs), kebutuhan keamanan (safety needs), kebutuhan sosial atau berkelompok (social needs), kebutuhan penghargaan (esteem needs), dan kebutuhan aktualisasi diri (self actualism needs)
1.      Kebutuhan fisiologis (fisiological needs), kebutuhan pokok
·         Papan
·         Pangan
·         Sandang
·         Sex
2.      Safety needs (kebutuhan akan keamanan), kebutuhan keamanan
·         Askes
·         Fasilitas
·         Pesangon
·         Gaji
3.      Love/ belonging needs (kebutuhan sosial), kebutuhan social
·         Persahabatan
·         Cinta
·         Keluarga
·         Pasangan
4.      Esteem (Kebutuhan penghargaan), harga diri
·         Pujian
·         Penghargaan
·         Status
5.      Self Actualization (Kebutuhan aktualisasi diri) kebutuhan aktualisasi
·         Kebutuhan untuk berekspresi




A.    Definisi Bisnis

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa, untuk mendapatkan keuntungan.

a.       Hughes dan Kapoor
menyatakan: “business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy society’s needs. The general term business refers to all such efforts within a society or within an industry

b.      Griffin dan Eber
Merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

c.       School 1996
Bisnis adalah suatu aktivitas yang terorganisir diatur untuk menyediakan barang dan jasa bagi konsumen dengan tujuan mencari laba.



B.     TUJUAN BISNIS

Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

Steinhoff dalam bukunya The world of Business (1979) halaman 17 menyatakan bahwa untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat, diperlukan lebih dulu bahan mentahnya, kemudian diproses dalam pabrik menjadi hasil produksi. Dengan demikian tampak jelas bahwa fungsi dasar bisnis ialah:

a.      Acquiring raw materials (mencari bahan mentah), jenis usaha yang tidak   bisa berjalan tanpa material missal : pabrik tahu, tempe, dll.
b.      Manufacturing raw materials into products (merubah bahan mental menjadi produk), setelah bahan baku diperoleh perusahaan maka selanjutnya bahan baku tersebut di olah menjadi bahan jadi.
c.       Distributing products to customer (menyalurkan barang ke tangan konsumen), produksi yang di hasilkan perusahaan segera didistribusikan kepada konsumen.


Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan. Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :

·  Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
·  Untuk memakmurkan keluarga
·  Ingin namanya dikenal banyak orang
·  Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
·  Ingin mencoba hal baru
·  Ingin memanfaatkan waktu luang
·  Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
·  Ingin mendapat simpati. Dsb.


Istilah fluktasi : kadang untung kadang rugi.


C.    Input Bisnis

6M + 1 :
-          Mam / skill
-          Money / modal
-          Material / bahan baku
-          Machine
-          Method
-          Marketing

Pelayanan prima menurut Dr. Patricia Patton 4 sikap P :
-          Passinonate (gairah)
-          Progressive (kreatif)
-          Pro-aktive
-          Positive


D.    LINGKUNGAN BISNIS
Lingkungan sendiri dapat diartikan sebagai keseluruhan faktor-faktor luar / eksternal yang dapat mempengaruhi individu, organisasi, masyarakat atau sistem. Lingkungan bisnis dapat diartikan sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan. Lingkungan ini mencakup lingkungan umum atau seringkali disebut sebagai lingkungan makro dan Lingkungan khusus / lingkungan mikro.
Perusahaan harus mampu beroperasi secara optimal dalam kondisi lingkungan yang hampir selalu mengalami perubahan setiap waktu. Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan dapat memberikan pengaruh negatif maupun positif dan tentunya akan mempengaruhi kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba.

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).



Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :
Ø  Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Ø  Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
a.       Lingkungan Internal
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
·         Tenaga kerja (Man)
·         Modal (Money)
·         Material / bahan baku (Material)
·         Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
·         Metode (Methods)
internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
b­­. lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
·         Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).



Faktor – faktor yang mempengaruhi :
1.   Pemerintah
2.   Pemegang saham (shareholders)
3.   Kreditor
4.   Pesaing
5.   Publik
6.   Perantara
7.   Pemasok
8.   Konsumen

E.     10 CIRI BISNIS BANGKRUT
1.      Tidak sabar
2.      Mengutamakan kepentingan pribadi
3.      Terjebak kredit macet
4.      Terlibat masalah hokum
5.      Suka membeli barang yang tidak bermanfaat
6.      Gampang tergoda promosi
7.      Terlalu ambisius
8.      Terlalu banyak pake uang orang lain
9.      Tidak beretika
10.  Tidak mau belajar

·         Tangible goods, dapat dilihat panca indera (barang)
·         Intangible goods, tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan (jasa)







F.     FUNGSI UTAMA BISNIS
-          Marketing, adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang dan jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
-          Actually,
-          Finance,
-          Information,
-          Manajemen


G.    GLOBALISASI
Globalisasi ialah, Suatu proses dimana ekonomi dunia menjadi system dalam suatu rangkaian ketergantungan.
·         Ciri-ciri globalisasi:
-          Teknologi & informasi
-          Ekspor & impor
-          Berkembangnya turisme dan pariwisata

·         Analisis SWOT
-          Strength (kekuatan)
-          Weakness (kelemahan)
-          Opportunity (peluang)
-          Threat (ancaman/tantangan)





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar